Solusi Mesin Pabrik Lama Bisa Terkoneksi ke Network

PROLOG

Sebuah factory sangatlah ketergantungan dengan sebuah mesin untuk memproduksi sebuah product, maka itu jangan heran jika didalam sebuah factory terdapat banyak sekali merk mesin mesin yang di gunakan. Selain berbeda merk, protocol yang digunakan pun berbeda seperti profinet, modbus, ataupun ethernet/IP.

Pada era 4.0 ini, semua protocol akan dipusatkan menjadi ethenet/IP, tentu hampir semua mesin terbaru saati ini mempunyai fasilitas dan mendukung untuk menggunakan protocol ethernet/Ip tersebut.

Solusi Untuk Mengatasi
Perbedaan Protocol

Solusinya adalah dengan cara menambahkan sebuah converter gateway, converter gateway berfungsi sebagai gerbang translate yang berada ditengah antara 2 mesin yang menggunakan protocol berbeda. Salah satu keluhan dari sebuah converter gateway adalah konfigurasinya yang sangat sulit untuk mentranslatekan ke dua protocol yang berbeda serta memakan banyak waktu untuk mempelajarinya bagi pengguna baru.

Apakah Sulit dan Memakan Waktu Untuk Mengkonfigurasi Protocol Gateway?

Cukup memilih protocol gateway dengan benar

Untuk mengintegrasikan system yang berbeda, penting untuk mengindtifikasikan protocol komunikasi dan koneksi antara dua perangkat (Misal: Master-slave, adaptop-scanner, dll) untuk memilih gateway konversi protocol.

Pertama, tentukan main industrial ethernet protocol yang digunakan. Saat ini, system modern menggunakan berbasis ethernet, dan jaringan protocol industry yang paling umum adalah modbus TCP, Ethernet/IP, dan PROFINET.

Kedua, Identifikasi protocol yang digunakan. Berbagai protocol industry seperti Modbus RTU/ACII, PROFIBUS, DNP3, dll digunakan dalam berbagai perangkat yang berbeda. Beberapa perangkat berbasis serial sedangkan yang lain berbasis ethernet, kedua jenis perangkat harus saling terhubung ke system berbasis ethernet industry anda

Ketiga, Memperjelas koneksi antara dua perangkat dalam system komunikasi. Sebagai contoh, mari lihat PLC dan Variable Frequency Drive (VFD), yang keduanya menggunakan protocol yang berbeda. Agar bisa saling berkomunikasi, anda memerlukan sebuah protocol gateway untuk mengubah komunikasi antara PLC (sebagai Master) dan VFD (sebagai slave).

Cara Mudah Mengkonfigurasi Berbagai Protocol Gateway

Setting konfigurasi konversi protocol lebih mudah diucapkan daripada dilakukan karena pengaturan awal gateway sangatlah kompleks. Tapi yakinlah dengan moxa dapat memudahkan konfigurasi bagi anda. Moxa menawarkan interface web gui yang memandu anda dengan mudah melalui konfigurasi dalam 4 langkah, berikut Caranya:

Featured Product

KLIK TOMBOL DIBAWAH UNTUK INFORMASI PRODUK MOXA LAINNYA :

REACH OUT OUR SOCIAL MEDIA

Rate Artikel Ini
[Total: 1   Average: 5/5]